Budaya Jepang yang Menarik Ini Ternyata Masih Bisa Disaksikan Langsung

ikebanaJepang adalah salah satu negara yang mempunyai budaya yang terkenal hingga ke seluruh dunia, budaya dari negeri yang mempunyai jumlah penduduk kurang lebih 125 juta jiwa ini juga terkenal di Indonesia. Bahkan banyak juga orang Indonesia yang mempelajari budaya-budaya Jepang.

Ada banyak fakta unik dari budaya Jepang tersebut. Negeri Matahari Terbit ini mempunyai sejumlah tradisi yang berhasil menarik atensi wisatawan dari berbagai negara. Apa sajakah budaya-budaya Jepang yang sangat menarik itu?

Mari kita ulas satu persatu

1.Ikebana

Ikebana merupakan seni merangkai bunga dari Jepang. Inilah salah satu budaya Jepang yang paling terkenal dan sangat menarik untuk dipelajari. Dalam Ikebana juga ada aliran-aliran yang bisa membedakan bagaimana cara merangkainya, tentu dengan aliran-aliran tersebut bisa membuat hasil dari rangkaiannya akan tampak lebih indah.Masyarakat negara tersebut menganggap bunga sebagai hal istimewa, bahkan mempercayainya sebagai tempat bersemayam Tuhan. Ada beberapa jenis rangkai bunga dari yang sederhana hingga yang paling rumit yang harus dipelajari.

2.Tako

Sekilas, tako tidak jauh berbeda dengan permainan layang-layang di Indonesia. Hanya saja, masyarakat Jepang memainkannya terutama pada hari Festival Anak Laki-laki pada tiap tanggal 5 Mei di lapangan luas; menerbangkan layang-layang unik dengan desain menarik. Fakta unik lainnya adalah banyak orang tua yang menuliskan nama anaknya di layang-layang tersebut yang kebanyakan bergambar tentara, agar anak-anak mereka mempunyai badan yang kuat dan sehat, tako juga sering kali dijumpai di berbagai festival budaya. Anda bisa datang ke Jepang pada tanggal tersebut untuk bisa menyaksikan kemeriahannya.

layang-layang

3.Geisha

Geisha adalah pertunjukan seni atau hiburan di Jepang yang sudah ada sejak abad 18. Rumah geisha biasanya dipenuhi gadis-gadis cantik dari keluarga miskin untuk dilati seni, saat kanak-kanak biasanya gadis-gadis cantik ini hanya menjadi pembantu, setelah menginjak remaja mereka meningkat menjadi geisha pemula. Pada saat pendudukan tentara Amerika di Jepang Geisha mempunyai konotasi yang buruk yaitu prostitusi, namun seiring berjalannya waktu Geisha berubah menjadi hanya sebagai pertunjukan seni. Kendati sudah jarang ditemui, budaya ini masih bisa Anda temukan di beberapa tempat di Jepang.

4.Matsuri

Di musim panas, ada sebuah festival budaya bernama matsuri yang dilaksanakan masyarakat Jepang. Pada dasarnya, matsuri merupakan ritual sembahyang dan berdoa di kuil Shinto dan kuil Buddha, namun menurut masyarakat umum ritual sembahyang ini hanya sebagai festival yang menarik. Ritual ini juga kadang dilaksanakan pada musim gugur dan disebut dengan istilah Kunchi. Akan tetapi, sekarang matsuri menjadi salah satu objek yang menarik perhatian wisatawan.

Itulah sejumlah budaya menarik di Jepang beserta fakta unik yang melingkupinya. Anda yang berminat mengunjungi Negeri Sakura dapat menyaksikan langsung bagaimana budaya-budaya ini diterapkan oleh masyarakat di sana. Pasti sangat menarik bukan?

Baca juga: Budaya Orang Korea Memakai Cincin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budaya Jepang yang Menarik Ini Ternyata Masih Bisa Disaksikan Langsung"

Post a Comment

Blog Archive