Inilah 5 Fakta Ajaib Ikan Pari Manta, Sehingga Menjadi Incaran Penyelam

pari manta
Gerakannya seanggun putri dalam balutan gaun pesta yang mewah. Di kedalaman laut yang penuh misteri, kehadiran pari manta seringkali menjadi dambaan para penyelam. Bahkan hampir semua penyelam sangat penasaran dengan sosoknya. Ukurannya yang sangat besar hingga daya jelajah pari manta yang jauhnya luar biasa menjadi salah satu alasan para penyelam untuk tidak menyerah bertemu dengan pari manta. Selain itu ada 5 fakta ajaib lain yang membuat hewan laut bak puteri kerajaan ini juga didambakan para penyelam untuk bertemu langsung.

1. Ikan yang pintar

Ikan yang satu ini tidak ukuran badannya saja yang besar. Namun dengan ukuran badan yang sangat besar, pari manta juga dikarunia rasio otak yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Dibanding ikan lainnya, pari manta memiliki rasio otak yang lebih besar. Bahkan saat para penyelam bertemu dengan pari manta, ikan yang satu ini mampu berinteraksi dengan sangat baik. Dipercaya, pari manta mampu mengenali manusia melalui matanya.

2. Cara makan yang unik

Pari manta memiliki cara makan yang unik. Manta memakan plankton dengan menyaring air laut yang dilakukan melalui mulut juga insang. Saat dilakukan di dasar laut berarti bottom feeding. Namun jika dilakukan di permukaan laut disebut surface feeding.  Jika jumlah plankton lebih banyak, maka manta akan membentuk formasi lurus berbaris. Para ahli menamakan proses memakan plankton ini sebagai feeding chain untuk memaksimalkan peroleh plankton.

3. Batas usia manta sangat panjang

Seperti manusia, manta memiliki batas usia yang sangat panjang. Manta mampu hidup hingga 40-50 tahun lamanya. Saat usianya tidak lagi anak-anak, manta dewasa mampu melakukan penjelajahan laut dengan daya jangkau yang luar biasa luasnya. Bahkan manta dewasa mampu melakukan penjelajahan sangat jauh hingga seluruh lautan di Indonesia. Hal ini yang menyebabkan beberapa penyelam harus berusaha sangat keras bertemu pari manta.
pari manta

4. Manta suka beratraksi

Tahukah Anda jika tidak hanya lumba-lumba yang suka beratraksi? Pari manta juga suka melakukan atraksi untuk menghibur Anda. Tidak hanya formasi makan plankton, namun saat berjumpa manta Anda bisa menikmati beberapa atraksi lain seperti salto hingga roll. Saat ada hal baru di sekitarnya, manta sangat peka sehingga mencoba untuk memutar mengitarinya. Saat bertemu manta, pastikan tidak panik untuk melihat atraksinya.

5. Dua jenis manta ajaib

Seorang diver profesional tentu tidak asing lagi dengan jenis pari manta. Ada dua jenis pari manta yang seringkali Anda jumpai di lautan dalam lepas. Jenis pertama adalah Oceanic Manta yang memiliki ukuran sangat lebar hingga 8 meter. Jenis manta yang satu ini, akan membuat laut gelap seperti malam saat melintasi bagian atas kepala Anda. Jenis kedua adalah Reef Manta dengan ukuran lebar hingga 4,5 meter mulai dari ujung sayap bagian kiri hingga kanan.

Bagaimana, anda tertarik untuk bertemu ikan ajaib ini? Mungkin anda perlu mencoba untuk menjadi penyelam.

Baca juga: Keunikan burung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 5 Fakta Ajaib Ikan Pari Manta, Sehingga Menjadi Incaran Penyelam"

Post a Comment

Blog Archive