Makna Kehidupan Semut yang Bisa Diambil Hikmahnya

semut
Semut mungkin adalah satwa yang paling dekat dalam keseharian kita tetapi sering kali kurang kita perhatikan atau mungkin sering kali menjadi sumber kekesalan karena gemar sekali merubung makanan yang kita simpan.

Tapi tentu tak ada salahnya menambah wawasan yang berkaitan dengan hewan mungil ini untuk mengambil hikmah serta pelajaran dari ciptaan Tuhan yang satu ini.

Kehidupan semut

Tahukah Anda bahwa semut adalah hewan dengan populasi yang paling padat di dunia. Bila dibandingkan dengan populasi manusia, untuk setiap keberadaan 700 juta semut di dunia ini hanya sekitar 40 kelahiran bayi manusia saja.

Serangga ini disebut eusosial yang berasal dari ordo Himenoptera bersama dengan tawon juga lebah. Mereka hidup secara berkoloni sama dengan manusia berperadaban dengan seorang pemimpin yaitu ratu semut.

Semut juga merupakan makhluk sosial dalam masyarakat yang terorganisir dengan pembagian tugas yang spesifik pada tiap-tiap dari mereka mulai dari semut pekerja, semut pejantan, penjaga, dan sebagainya.

Pada satu koloni terdapat hingga ribuan semut dan menguasai satu daerah yang cukup luas.Walaupun bertubuh mungil, faktanya semut adalah hewan paling kuat di dunia yang mampu mengangkat hingga 50 kali dari berat tubuhnya sendiri.

Spesies semut-semut yang unik

Inilah beberapa spesies semut yang unik dan mungkin sebelumnya tak pernah kita dengar sama sekali.
  • Semut honeypot Myrmecocystus
Semut ini berada di padang pasir Amerika Utara dan saat musim kering mereka harus menyimpan makanan demi bertahan hidup dalam waktu lama agar selamat dari kepunahan. Cara mereka mempertahankan diri sangat unik yaitu memanfaatkan tubuhnya sebagai wadah cadangan makanan. Inilah sebabnya semut honeypot Myrmecocystus dapat membengkak karena tubuhnya dipenuhi air. 
  • Semut Harpegnathossaltator

semut
Semut ini disebut juga semut Pelompat India karena dilengkapi dengan organ yang disebut genomesequencing yang memungkinkannya untuk melakukan lompatan jauh.
  • Semut Podomyrma
Semut yang satu ini menjalin hubungan saling menguntungkan atau simbiosis mutualisme dengan ulat Lycaenid dari Australia Selatan. Ulat akan mengeluarkan zat dari tubuhnya yang dapat dikonsumsi oleh semut, sementara semut berkontribusi untuk melindungi ulat dari serangan parasit. Selain dengan ulat ini, semut podomyrma diketahui juga “bersahabat” dengan beberapa jenis hewan lainnya.
  • Semut Malagasi


semut
Inilah predator dalam masyarakat semut yaitu semut Malagasi dari spesies Mystrium. Semut-semut predator ini hanya berada di hutan-hutan.
  • Semut Cecropia
Semut ini bertugas untuk menjaga pohon dari para penyusup. Mereka bekerja dalam tim dengan cara mengepung lawan dan menjepitnya bersama-sama hingga mereka lemas.

Dari ulasan di atas tersebut sesungguhnya kita dapat mengambil pelajaran dari kehidupan hewan kecil ini. Yang paling menonjol tentu adalah sifat pekerja keras mereka demi kelangsungan hidup dirinya serta koloninya dan dapat bekerja dalam tim dengan mematuhi tugasnya masing-masing tanpa menonjolkan ego serta keinginan pribadinya masing-masing. Gotong royong menjadi ciri khas dan filosofi semut.

Baca juga:
Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Kehidupan Semut yang Bisa Diambil Hikmahnya"

Post a Comment

Blog Archive