Benarkah Kucing Hitam Adalah Jelmaan dari Iblis?

kucing hitam
Benarkah kucing hitam adalah reinkarnasi dari iblis? Pertanyaan ini tak bisa dijawab ya ataupun tidak. karena ini termasuk hal yang gaib.

Namun kucing hitam memiliki misteri-mistei tersendiri yang unik sehingga ada kalangan tertentu yang menganggap bahwa kucing hitam ini adalah reinkarnasi dari iblis.

Apakah anggapan dari beberapa kalangan tentang mitos kucing hitam ini benar? Mari kita ulas satu persatu mengapa kucing hitam dianggap jelmaan dari iblis.

1. Menurut Paus Gregorius IX

Pada tahun 1233, Paus Gregorius IX meyakini bahwa kucing hitam diciptakan hanya untuk melakukan pekerjaan iblis, sehingga banyak dari pengikut Paus ini yang memperlakukan kucing hitam dengan tidak semestinya, perlakuan yang sama seperti kepada wanita penyihir pada saat itu. Data statistik juga mencatat bahwa kucing hitam adalah jenis kucing yang paling sedikit dipelihara oleh manusia.

Namun dalam keyakinan orang-orang Mesir kuno dan juga Yunani kuno kucing hitam dianggap terkait dengan keberuntungan. Bahkan mereka melibatkan kucing termasuk yang hitam dengan citra sebagai dewa dan dewi, dari Hecate dewi penyihir Yunani hingga dewi Belanda Bastet, kucing dianggap ikon transformatif yang mewakili misteri.

2. Simbol kegelapan

Warna hitam pada kucing memang terlihat menyeramkan, apa lagi kalau dilihat pada malam hari, ditambah lagi kelakuan kucing itu penuh misteri, aneh dan tersembunyi, hal ini memyebabkan beberapa kalangan beranggapan bahwa kucing hitam adalah simbol kegelapan. Kadang kucing hitam juga dianggap  sebagai penjaga pintu gerbang antara dunias nyata dan dunia ghaib. Apakah ini benar?

3. Menjadi piaraan penyihir

Selama masa Abad Pertengahan, Inggris dibanjiri penyihir jahat yang melakukan hal-hal buruk. Dan pada masa itu Inggris juga dibanjiri takhayul dan orang-orang yang salah informasi. Salah satu hal paling berbahaya yang dilakukan pada masa itu adalah memiliki seekor kucing hitam. Orang-orang dipengaruhi untuk percaya bahwa hewan peliharaan ramah ini adalah bentuk kehidupan iblis yang memberi kekuatan kepada penyihir. Orang-orang pada masa itu menganggaop jika anda hidup dengan seekor kucing hitam itu adalah pertanda pasti bahwa anda bisa berkomunikasi dengan roh jahat dan memanipulasi segala sesuatu di sekitar anda.

Orang yang memiliki kucing hitam, atau hewan peliharaan lainnya, dianggap perlu dicurigai. Diperkirakan penyihir akan memperdagangkan jiwa mereka untuk kekuatan sihir yang bisa diberikan olehnya. Mungkin, kalau dilihat dari kehidupan seorang penyihir, mereka adalah orang-orang yang kurang bersosialisasi seperti masyarakat umum, jadi memelihara binatang seperti kucing itu agar tidak merasa kesepian. Namun karena opini sudah terlanjur berkembang bahwa kucing hitam adalah jelmaan iblis, maka keyakinan seperti ini akan sulit untuk diluruskan. Dengan kata lain, jika anda bisa kembali ke tahun 1600-an, mungkin lebih baik tidak membawa kucing anda saat jalan-jalan.

kucing

4.Legenda kucing hitam dan kapal

Dulu banyak pelaut yang meyakini tentang legenda kucing hitam dan kapal, sehingga perlu untuk membawa kucing hitam dalam pelayaran mereka. Mereka meyakini bahwa kucing hitam ini akan bisa menangkal badai, jika ada seseorang yang menurunkan kucing hitam ini dari kapal maka dia akan mendapat hukuman berat karena diperkirakan hal ini akan membawa sesuatu yang mengerikan ke kapal.

Di sisi lain para perompak juga menganggap kucing hitam adalah sebagai pertanda. Jika di kapal mereka ada kucing hitam yang berjalan menuju mereka kemudian berbalik arah atau mundur, maka itu adalah pertanda bahwa kapal mereka akan tenggelam, karena para perompak itu meyakini bahwa kucing hitam ini tahu apa yang akan terjadi.

5.Kucing hitam dihuni roh halus jin

Dalam beberapa budaya Timur dan Afrika, diyakini bahwa ada roh yang dikenal sebagai jin yang menghuni makhluk fisik dan benda. Salah satu makhluk paling umum yang mereka pilih untuk mewujudkannya adalah kucing, terutama seekor kucing hitam. Dalam bahasa Inggris jin disebut dengan kata "Genie". Dalam bahasa Inggris juga ada kata "Genius" yang artinya cerdik. Jadi, kucing hitam itu sebenarnya dihuni roh halus jin apa binatang yang cerdik?

Kucing juga dikatakan memiliki tujuh kehidupan. Jadi, wajar jika ia sangat pandai dan magis. Persia Kuno memiliki keyakinan serupa, meski berbeda, tentang kucing hitam. Mereka menganggap seekor kucing hitam sebagai manifestasi fisik diri yang tinggi dan halus, yang mereka sebut hemzad. Akibatnya, menyakiti atau mengganggu kucing hitam bisa membawa bencana bagi diri kita sendiri.

Itulah 5 mitos tentang kucing hitam yang merupakan jelmaan iblis. Apakah mitos ini benar? Hanya Tuhan yang tahu.

Baca juga: Fakta unik burung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Kucing Hitam Adalah Jelmaan dari Iblis?"

Post a Comment

Blog Archive