Di Korea, Makna Cincin Berbeda di Setiap Jari yang Memakainya

cincin
Memakai cincin sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang di seluruh dunia, umumnya cincin dipakai oleh orang dengan tujuan menghiasi jari-jemarinya agar terlihat lebih indah, walaupun kadang ada maksud lain dari niat memakai cincin tersebut. Namun pada dasarnya cincin adalah alat atau perhiasan bagi kaum wanita, apalagi cincin emas yang dilengkapi dengan intan permata akan membuat pemakainya semakin percaya diri dalam berpenampilan.

Namun ada yang unik dalam tradis di Korea dalam memakai sebuah cincin, di setiap jari yang memakai cincin tersebut punya makna yang berbeda-beda, sehingga orang lain bisa mengerti keadaan atau status si pemakai, jadi si pemakai tak perlu untuk melakukan komunikasi secara verbal untuk menyampaikan bagaimana keadaan dirinya.

Baca juga: Budaya-budaya menarik negeri Sakura Jepang

Ayo kita bongkar bersama-sama apa saja makna cincin yang dipakai di jari orang-orang Korea:

1,Cincin yang dipakai di ibu jari atau jempol bermakna bahwa orang tersebut sedang sendiri atau single, tak punya ikatan apa-apa dengan orang lain dalam hal hubungan cinta atau pasangan. Hal tersebut cukup menjadi tanda bahwa orang yang memakai cincin di ibu jari tersebut siap menerima siapa saja yang hendak menjalin hubungan serius dalam hal cinta dan komitmen. Jadi di Korea tak perlu orang bertanya kepada lawan jenisnya, "Apakah kamu sudah mempunyai pacar?" seperti yang sering terjadi di Indonesia.

2.Cincin yang dipakai di jari telunjuk bermakna persahabatan atau pertemanan biasa, ini bisa menjadi cara penolakan yang halus dan tak perlu keluar kata-kata yang berat untuk menolak orang yang mengungkapkan perasaannya kepada orang lain. Cukup kita pakai cincin di jari telunjuk dan orang yang mengungkapkan perasaan tersebut akan dengan sendirinya tahu jawaban yang diberikan olehnya, karena si target memberi jawaban secara non verbal bahwa hubungan tersebut tak perlu lebih dari sekedar pertemanan saja.

3.Cincin yang dipakai di jari tengah bermakna harapan untuk sukses atau bisa juga disebut jimat, ternyata di Korea juga ada keyakinan bahwa memakai cincin bisa mendatangkan tuah tertentu, ini dibuktikan dengan adanya adat tersebut. Jadi biasanya orang Korea akan mengenakan cincin di jari tengah pada saat mereka mulai melakukan usaha tertentu agar usahanya tersebut sukses.

4.Cincin yang dipakai di jari manis bermakna orang tersebut punya hubungan spesial atau komitmen dengan seseorang, untuk yang ini ada kesamaan dengan orang Indonesia. Jadi jika ada orang lain memakai cincin di jari manis artinya menutup peluang bagi orang lain untuk mendekati secara khusus dan menjalin hubungan spesial, maka kita tak perlu berupaya yang berlebihan kepada orang yang telah memakai cincin di jari manis, karena dengan istilah lain "Dia sudah ada yang punya".

5.Cincin yang dipakai di jari kelingking bermakna kesempatan atau perubahan, orang Korea akan memakai cincin di jari kelingking jika melihat ada kesempatan yang lebih baik sehingga akan terjadi perubahan yang signifikan dalam kehidupannya, sebenarnya agak mirip dengan memakai cincin di jari tengah, namun ini lebih kepada perubahannya yang lebih diharapkan, bisa juga karena kejenuhan terhadap akltifitasnya yang sudah dilakukan bertahun-tahun sehingga dia ingin merasa ada perubahan.

Bagaimana kawan, jika anda adalah orang Korea, di jari manakah anda akan memakai cincinnya?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di Korea, Makna Cincin Berbeda di Setiap Jari yang Memakainya"

Post a Comment

Blog Archive