7 Binatang Ini Mempunyai Keunikan yang Luar Biasa

capung
Sangat menarik jika kita berbicara tentang dunia fauna, berbagai jenis binatang dari yang hidup di darat, air dan udara bahkan di dalam tanah selalu mempunyai keunikan-keunikan tersendiri. Mereka hidup dengan berbagai keistimewaan yang diberikan Tuhan.

Untuk kali ini kita akan mencoba untuk membahas 7 binatang yang mempunyai keunikan luar biasa.

Mari kita ulas satu persatu:

1. Bunglon

Bunglon mempunyai mata yang unik dan berbeda dengan binatang lainnya. Kelopak mata hewan ini berbentuk mirip dengan lingkaran yang mengitari bola matanya, namun bunglon melihat dengan lubang kecil di tengah bola matanya.

bunglon

Yang lebih unik bunglon bisa melihat dengan sudut pandang 360 derajat, jadi arah pandang bunglon bisa ke dua tempat yang berbeda. Mata bunglon juga bisa bergerak sendiri-sendiri.

Dan keunikan bunglon yang paling terkenal adalah warna kulitnya bisa berubah.

2. Capung

Antara capung jantan dan betina mempunyai alat kelamin yang berbeda lokasinya, alat kelamin capung jantan berada di ujung ekornya dan capung betina mempunyai alat kelamin di bawah perutnya, sehingga proses kawinnyapun berbeda dengan binatang-binatang yang lain.

capung

Proses kawin capung juga bisa dilakukan dengan cara terbang, dalam proses ini kekuatan sang jantanlah yang menopang dua capung ini saat terbang, jadi si betina tak perlu mengeluarkan tenaga untuk terbang saat proses kawin ini.

3. Semut

Semut mempunyai kekuatan yang luar biasa, seekor semut mampu mengangkat beban sampai 50 kali lipat berat tubuhnya, ini menunjukkan semut walaupun kecil punya tenaga yang sangat besar.

semut rangrang

Semut juga berani berperang dengan siapa saja termasuk manusia, kami sudah membuktikan bahwa semut terutama semut rangrang akan segera mengerahkan pasukan jika ada salah satu semut yang mati dibunuh, dan jika kami membunuh semut lagi dalam pasukan ini maka tak lama kemudian pasukan semut rangrang ini akan semakin banyak yang datang. Ini menunjukkan semut rangrang adalah hewan yang berani berperang dengan siapa saja termasuk manusia.

4. Kucing

Mata kucing akan terlihat menyala saat malam hari, ini dikarenakan ada semacam cermin pemantul atau yang disebut Tapetum Lucidum yang terletak di belakang retina. Jadi jika ada cahaya yang masuk ke mata kucing melalui lensa, pupil menuju retina, dan ketika sampai ke cermin pemantul tadi akan dipantulkan kembali ke retina, menjadikan mata kucing seakan-akan menyala.

kucing

Ekor kucing bisa berfungsi sebagai penyeimbang saat jatuh, dengan ekor ini kucing akan mengatur posisinya saat jatuh dan menjadikan ke empat kakinya sebagai tumpuan.

5. Landak

Landak memiliki bulu yang khas dan berbeda dengan binatang lain, bulu landak sangat keras dan tajam yang berfungsi sebagai senjata untuk menyelamatkan diri dari ancaman musuh, jika ada predator yang akan memangsanya, bulu landak akan berdiri dan siap ditusukkan kepada musuhnya tersebut.

landak

Landak juga memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan tinggi dari serangan ular, dengan ketahanan tubuh yang kuat tersebut membuat landak bisa bertahan hidup di lubang-lubang tanah.

6. Belalang

Salah satu jenis belalang, yakni belalang sembah mempunyai keunikan yang berbeda dengan hewan lain, belalang jenis ini jika selesai melakukan proses reproduksi sang betina akan memangsa sang jantan, menurut para peneliti sang betina melakukan ini jika proses kawin mereka diamati oleh makhluk lain termasuk manusia, dan jika tak diamati maka proses kawin tersebut akan berjalan normal saja.
belalang

Saat ngaji dulu, Pak Kiai pernah mengajarkan bahwa di sayap belalang ada tulisan arabnya yang bermakna tentara Allah. Hal ini diartikan bahwa belalang akan diutus Allah untuk merusak tanaman petani yang tidak bersyukur kepadaNya.

7. Kelelawar

Meskipun dalam kegelapan total kelelawar akan mampu terbang dan menemukan mangsanya, karena kelelawar punya kemampuan ekolokasi atau biosonar, yakni dengan mendengarkan suara yang dikeluarkannya dan dipantulkan oleh objek-objek lain, sehingga objek-objek tertentu bisa diketahui dengan pasti dimana posisinya.

kelelawar

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Binatang Ini Mempunyai Keunikan yang Luar Biasa"

Post a Comment

Blog Archive