Inilah 10 Tempat yang Mengalami Siang Abadi

siang
Tahukan anda bahwa di beberapa belahan bumi ini mengalami waktu siang lebih lama dari pada malam dan sering disebut siang abadi, sehingga kita bisa menyaksikan midnight sun atau matahari di tengah malam. Dimana sajakah tempat-tempat tersebut?

Mari kita bahas satu per satu.

1. Umeå (Swedia)

Umeå adalah kota terbesar ke-12 di Swedia, dan terbesar di provinsi Norrland, dengan hampir 80.000 jiwa. Itu adalah Ibukota Kebudayaan Eropa pada tahun 2014 dan telah menjadi kota universitas yang penting di negara ini sejak tahun 1965. Terletak di sepanjang paralel ke-63, terletak sekitar 400 kilometer selatan Lingkaran Arktik dan 600 kilometer utara Stockholm. Posisinya di sepanjang Teluk Bothenia memediasi iklimnya, dengan suhu musim panas rata-rata melayang sekitar 20 derajat. Kota ini menerima hampir 300 jam sinar matahari per bulan antara bulan Mei dan Juli. Hal ini dikenal sebagai pusat budaya Swedia utara, karena merupakan pusat terbesar di utara wilayah Stockholm-Uppsala, dan merupakan tempat bagi banyak festival dan museum. Ini juga merupakan pusat media, juga banyak band berasal dari Umeå.

2. Iqaluit (Kanada)

Iqaluit, yang sebelumnya dikenal sebagai Teluk Frobisher, menjadi sebuah kota pada tahun 2001. Kota ini adalah ibu kota wilayah Nunavut, Kanada. Penduduknya hampir 6.700 orang, dan mayoritas yang tinggal di sana adalah suku Inuit. Suhu rata-rata di bulan Juni hanya 7 derajat Celcius dan 12 derajat di bulan Juli; Meski begitu, Iqaluit menerima sinar matahari 200 jam lebih per bulan di musim panas. Iqaluit dapat diakses melalui udara dan kapal, tapi tidak terhubung ke jalan raya. Gedung Majelis Legislatif Nunavut adalah ciri khas pemandangan kota Iqaluit dan interiornya yang berwarna-warni merupakan tempat digelarnya beberapa seni terbaik dari Inuit. Gedung Hudson's Bay Company sebelumnya sekarang menjadi galeri seni. Selama titik balik matahari musim panas, pada tanggal 21 Juni, Iqaluit merayakan matahari tengah malam dengan sebuah festival yang disebut Toonik Tyme, yang menggabungkan kegiatan tradisional Inuit dengan Alianait Music and Arts Festival, serta berbagai acara modern lainnya.

3. Rovaniemi (Finlandia)

rovainemi

Rovaniemi adalah kota di propinsi Laplandia, Finlandia Utara, Rovaniemi dihuni sekitar 60.000 orang. Terletak hanya 6 mil selatan Lingkaran Arktik, Rovaniemi terkenal karena alamnya yang belum terjamah dan banyak kesempatan rekreasi. Kota ini menampung hampir 500.000 pengunjung setiap tahunnya. Cahaya Utara adalah daya tarik yang menonjol, karena terlihat sekitar 200 hari per tahun (berlawanan dengan hanya 20 hari di Finlandia selatan). Pada bulan Juni dan Juli, kota ini menerima sinar matahari hampir 300 jam, dan suhu antara 16 dan 20 derajat Celsius. Rovaniemi juga dianggap sebagai kampung halaman Santa Claus. Santa Claus Village, sebuah taman hiburan, terletak hanya 8 kilometer timur laut kota, dan Lingkaran Arktik memotong desa. Garis demarkasi 66 derajat ke utara merupakan tempat foto populer bagi pengunjung.

4. Dawson (Kanada)

dawson yukon

Secara formal dikenal sebagai "Dawson City," pemukiman di Yukon Kanada ini secara legal merupakan kota dengan hampir 1.500 jiwa. Dawson pernah menjadi sebagai ibu kota Yukon, sampai Whitehorse menggantinya pada tahun 1952. Yang paling terkenal, ini adalah pusat dari Gold Rush Klondike di akhir 1800-an. Setelah Gold Rush berakhir, populasi Dawson menyusut. Banyak bangunan masih mempertahankan fitur abad ke-19, dan konstruksi baru harus sesuai dengan persyaratan visual yang ketat untuk mempertahankan estetika kota. Temperatur Dawson biasanya mencapai di bawah 20 derajat di musim panas. Dawson telah mengilhami generasi para penulis dan telah mempertahankan rumah Robert W. Service, Bard of the Yukon; Pierre Berton; dan novelis Amerika Jack London. Ada 8 Situs Bersejarah Nasional Kanada yang terletak di kota ini, termasuk pusat kota. Downtown Hotel dikenal dengan "Sourtoe Cocktail", yang menggunakan bahan aneh dari jempol kaki manusia yang terputus.

5. Inuvik (Kanada)

Meskipun Inuvik secara teknis adalah sebuah kota, dengan sekitar 3.500 jiwa, namun juga menjadi pusat administrasi Wilayah Inuvik di Wilayah Northwest Kanada. Kota ini juga menjadi tempat tinggal bagi banyak orang Aborigin, juga komunitas kecil umat Islam, dan membanggakan salah satu masjid paling utara di dunia. Ini juga tempat bagi Our Lady of Victory Church - juga dikenal sebagai Gereja Igloo karena bentuknya. Inuvik dapat diakses melalui jalan raya selama bulan-bulan musim panas, jika es mencair memungkinkan transportasi dengan kapal feri bisa melintasi Sungai Mackenzie. Meskipun demikian, suhu musim panas rata-rata di Inuvik hampir 20 derajat celcius, namun pada hari-hari selama bulan Mei dan Juni kota Inuvik bisa dengan cepat terasa lebih hangat. Sinar matahari dua puluh empat jam dialami selama 50 hari lebih setiap musim panas, dan Inuvik merayakan matahari tengah malam dengan Festival Seni Luar Biasa tahunan pada bulan Juli dan banyak perlombaan, termasuk setengah maraton.

6. Nuuk (Greenland)

greenland

Nuuk adalah ibu kota Greenland dan dengan hanya lebih dari 16.000 penduduk, adalah salah satu ibu kota terkecil menurut populasi di dunia. Itu berarti anda bisa mengunjungi Nuuk tanpa terbebani oleh keramaian. Cakrawala Nuuk didominasi oleh gunung Sermitsiaq, yang bisa dilihat dari mana saja di dalam kota. Teluk yang terletak di kota ini banyak dikelilingi oleh batu karang. Siang hari terpanjang pada tahun ini matahari terbit pada pukul 3 pagi dan tidak terbenam sampai tengah malam; Beberapa jam yang tersisa ditandai dengan cahaya setengah gelap, sampai matahari terbit lagi pada pukul 3, yang berarti bahwa Nuuk tidak pernah sepenuhnya gelap. Suhu di musim panas sekitar 10 derajat celcius. Nuuk adalah pusat kebudayaan Greenland, dan museum seni pribadi satu-satunya di negara ini.

7. Reykjavik (Islandia)

Terletak di paralel ke-64, Reykjavik adalah salah satu ibukota paling utara di dunia. Meski tergeletak di luar Lingkaran Kutub Utara, Anda masih bisa mengalami fenomena siang hari abadi di kota ini, yang berarti Reykjavik juga merupakan salah satu dari sedikit ibu kota tempat matahari tengah malam bisa anda alami. Di kota ini hari-hari semakin lama di sekitar titik balik matahari di bulan Juni, siang hari akan lebih lama dibanding malam hari setiap bulan sepanjang tahun. Sebagai ibukota Islandia, Reykjavik berfungsi sebagai pusat budaya dan ekonomi bagi negara kepulauan tersebut, dan juga merupakan kota terbesar di Islandia dengan populasi sekitar 200.000 orang. Pariwisata penting bagi ekonomi Islandia, karena Reykjavik memiliki industri wisata yang berkembang dengan baik maka dilakukan penanganan yang lebih serius. Reykjavik dikenal dengan kehidupan malamnya, yang cenderung berlangsung sampai larut malam, menjadikannya cara yang mudah untuk menikmati matahari tengah malam.

8. Tromso (Norwegia)

tromso

Tromsø adalah tujuan wisata yang menarik bukan hanya karena merupakan kota terbesar kedua di utara Lingkaran Arktik, namun karena kota ini tersebar di 2 pulau dan sebuah jembatan. Sebagian besar kota ini terletak di pulau Tromsøya, namun beberapa distrik barat kota berada di pulau Kvaløya dan beberapa distrik timur berada di daratan. Semua tempat itu dihubungkan oleh jembatan. Dengan lebih dari 70.000 orang yang tinggal di perbatasan, Tromsø berfungsi sebagai pusat kebudayaan di Norwegia utara, menjadi tempat beberapa festival musim panas serta sebuah planetarium dan kebun raya. Sebagian besar rumah di kota ini adalah rumah kayu, beberapa berasal dari abad ke-18, dan Gereja Arktik yang terkenal, dibangun pada tahun 1965. Pemandangannya meliputi beberapa gunung tinggi dan banyak teluk serta pulau-pulau. Suhu rata-rata pada bulan Juni dan Juli berkisar sekitar 15 derajat selsius.

9. Murmansk (Rusia)

Dengan populasi sekitar 300.000 orang, Murmansk, yang terletak di Rusia, adalah kota terbesar di utara Lingkaran Arktik. Terletak di Teluk Kola, dekat perbatasan dengan Finlandia dan Norwegia, Murmansk terhubung ke seluruh Rusia dan Eropa melalui jalan raya dan jalur kereta api, dan bahkan menawarkan sistem kereta troli paling utara di Bumi. Ini pada awalnya didirikan sebagai pangkalan angkatan laut selama Perang Dunia I, kemudian di dekat kota-kota terdekat seperti Kola dan Alexandreev. Meskipun di wilayah paling utara, Murmansk mempunyai beberapa museum, termasuk sebuah museum seni, 3 teater profesional dan akuarium, selain perpustakaan dan tempat-tempat olahraga. Meskipun terletak pada paralel ke-68, kota pelabuhan tersebut tetap bebas dari es sepanjang tahun berkat arus Atlantik Utara yang hangat. Pada bulan Juni dan Juli, kota ini menerima sekitar 230 jam sinar matahari dan suhu rata-rata antara 15 dan 17 derajat selsius.

10. Anchorage (AS)

alaska

Anchorage, Alaska, adalah kota terpadat di negara bagian Amerika utara, dengan lebih dari 300.000 penduduk. Kota ini terletak di selatan Murmansk, sepanjang paralel ke-61, tapi lebih utara dari Olso, Helsinki dan St. Petersburg. Kota ini dibatasi oleh Pegunungan Chugach yang megah di timur, Knik Arm dan Turnagain Arm adalah 2 teluk yang sering mengalami pasang surut. Bahkan arus pasang tertinggi di dunia ditemukan di  Turnagain Arm. Musim panas rata-rata suhu hampir 20 derajat selsius, dan kota ini mengalami lebih dari 200 jam sinar matahari selama 5 bulan dalam setahun, dengan hampir 300 jam per bulan di bulan Mei, Juni dan Juli. Musim panas di Anchorage memang sangat panjang. Kota ini terdapat banyak museum dan festival, dan juga memiliki tim olahraga dan kelompok pertunjukan seni. Ada banyak taman di daerah ini, dan sangat dianjurkan untuk berkegiatan di luar ruangan.

Setelah mengetahui tempat-tempat yang mengalami siang lebih lama dari pada malam, apakahh anda jadi penasaran ingin menyaksikan matahari di tengah malam?

Jika anda penasaran silakan berkunjung ke tempat-tempat tersebut yang telah diterangkan di atas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 10 Tempat yang Mengalami Siang Abadi"

Post a Comment

Blog Archive