Fakta Unik Panda yang Perlu Anda Ketahui

panda
Sosok hewan berbadan besar yang satu ini, membuat seluruh penduduk dunia jatuh cinta. Jika Anda termasuk salah satu yang jatuh cinta pada panda, anda perlu berjalan-jalan ke Cina untuk melihatnya. Namun kadang panda juga akan didatangkan ke kebun binatang terdekat kita seperti Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua. Jadi kita bisa melihat panda tanpa harus ke Cina. Sebelum melihatnya secara langsung, Anda harus tahu 3 keunikan panda berikut ini yang akan membuat Anda semakin jatuh cinta.

1. Panda menghabiskan banyak makanan

Sesuai dengan ukuran badannya yang besar, panda menghabiskan makanan dalam jumlah yang cukup besar. Dalam sehari, hewan dengan warna bulu hitam dan putih ini mampu menghabiskan hingga 20 kilogram lebih bambu. Tidak hanya satu jenis bambu, namun panda juga mampu memakan berbagai jenis bambu. Jadi, jika pengelola kebun binatang ingin mendatangkan panda sebagai pertunjukan harus juga menyiapkan bambu-bambu dan juga rumput yang cukup banyak untuk kebutuhan sang panda
.
Meski lebih suka makan bambu, namun makanan kesukaan panda ini tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Diperlukan jenis makanan lain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi panda, terutama dalam menjaga kesehatannya. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya, para pengelola kebun binatang menyediakan variasi makanan lain seperti buah-buahan, protein yang berasal dari daging hingga kue. Dalam sehari, waktu makan panda dihitung 4-5 kali di pagi, siang dan juga sore hari.

2. Mata rabun, telinga peka suara dan penciuman tajam

Cara jalan panda yang lucu, bukan karena ukuran tubuhnya yang tambun. Melainkan karena panda memiliki penglihatan yang tidak terlalu baik. Para ahli menyatakan bahwa panda memiliki mata rabun yang membuatnya tidak memiliki pandangan cukup baik sehingga mempengaruhi cara jalannya. Terkadang cepat, namun seringkali lebih lambat dan tiba-tiba terjatuh. Meski matanya rabun, namun panda memiliki indra penciuman yang sangat peka.

Indera penciuman panda yang sangat tajam digunakan saat musim kawin. Penciuman panda menjadi tanda saat panda tertarik pada lawan jenisnya. Sementara telinga panda sangat peka terhadap suara. Panda mampu mengenali suara terutama manusia atau keeper yang ada di sekitarnya. Keunikan panda yang satu ini mengharuskan pihak pengelola kebun binatang membuat peraturan sangat ketat kepada para pengunjung. Setiap pengunjung yang datang tidak diperbolehkan membuat kegaduhan atau panda akan stres.

panda

3. Keluarga beruang pemakan tanaman

Melihat penampakan fisiknya, Anda yang mengaku suka dengan panda tentu mengaitkan binatang lucu ini dengan beruang. Anda tidak keliru karena panda memang masih berada dalam satu famili dengan beruang. Namun fakta lucu dari keluarga beruang satu ini justru didapatkan dari pola makannya. Jika beruang digolongkan dalam hewan karnivora atau pemakan daging, panda justru sebaliknya. Panda merupakan pemakan bambu, buah hingga rumput.

Menurut dokter hewan spesialis panda, penggolongan panda ke dalam keluarga beruang tidak dilakukan sembarangan. Penggolongan dilakukan berdasarkan ruas gigi panda yang juga memiliki taring seperti pada beruang. Hanya saja di alam, semua hal dapat terjadi. Dibandingkan memakan daging, panda justru lebih memilih untuk makan bambu dan rumput. Meski begitu, panda juga masih memakan daging seperti ikan hingga bangkai. Hanya saja panda bukan karnivora predator.

Keunikan-keunikan panda sebenarnya masih banyak, seperti kulit dan bulunya, bulu putih tumbuh di kulit yang berwarna hitam, dan bulu hitam tumbuh di kulit berwarna pink. Panda juga kalau sedang makan itu sambil duduk, ternyata panda juga tahu cara makan yang baik dan sopan.

Itulah keunikan panda yang jarang diketahui orang, pada November 2017 Taman Safari Indonesia juga mendatangkan panda dari Cina sebagai pertunjukan kepada para pengunjung TSI. Apakah anda juga sempat melihat panda di TSI?

Baca juga: Keunikan burung
Baca juga: Fakta tentang kucing hitam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Unik Panda yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Blog Archive