Fakta-fakta Unik Aurora, Sang Tirai Cahaya Pancawarna

aurora
Alam selalu menyimpan fenomena dan misteri tersendiri, dari fenomena biasa sampai yang luar biasa dan menakjubkan, dari yang sering terjadi sampai fenomena yang hanya terjadi puluhan tahun sekali, bahkan tak jarang manusia hanya mengalami sekali dalam hidupnya.

Banyak fakta unik di dunia namun kali ini kita akan membahas satu fenomena alam yang sangat menakjubkan yaitu aurora.

Aurora adalah sebuah fenomena alam yang terjadi seperti pancaran cahaya yang menyala-nyala yang terdapat pada lapisan ionosfer sebuah planet akibat ada interaksi dari partikel yang dipancarkan oleh matahari dengan medan magnet yang ada di planet tersebut.

Ada sejumlah fakta unik dari fenomena alam indah bernama aurora ini. Meski tidak hadir di Indonesia, tirai cahaya ini menyimpan hal-hal mengagumkan seperti:

  • Bisa disaksikan dari luar angkasa
Di Bumi, aurora hanya bisa Anda lihat di Eropa, Amerika, dan Australia. Namun, ternyata ada tempat lain yang memungkinkan Anda buat menyaksikan fenomena ini: luar angkasa. Para astronaut yang sedang bertugas sering kali menyempatkan diri mereka untuk melihat aurora saat badai matahari sedang intens terjadi di medan magnet Bumi, karena partikelnya berinteraksi dengan wilayah tersebut.

  • Planet-planet lain pun punya aurora
Aurora juga tidak hanya ada di Bumi. Beberapa planet di Tata Surya pun mengalami fenomena tersebut. Fakta unik lainnya, ukuran aurora pun akan mengikuti ukuran planet tersebut. Salah dua planet yang juga mempunyai aurora adalah Saturnus dan Jupiter. Sang tirai cahaya tampak lebih besar mengingat medan magnet di sana lebih intens dibandingkan Bumi.

  • Kemunculannya tak bisa diprediksi
Memprediksi medan magnet pada lontaran masa korona adalah hal tersulit yang ada dalam Fisika. Lalu, hampir mustahil memperkirakan ke mana medan lontaran magnet tersebut pergi sampai tabrakan terjadi; apakah tabrakan ini akan menghasilkan aurora atau tidak? Hal inilah yang lantas membuat kemunculan aurora sulit diprediksi.

aurora

Setelah anda mengetahui tentang aurora, apakah anda punya keinginan untuk menyaksikan keindahannya? Jika iya, silahkan anda kunjungi tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas, atau anda bisa juga ke luar angkasa, pasti bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Mudah-mudahan fakta unik dan aneh tentang aurora di atas berguna untuk pengetahuan Anda, ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta-fakta Unik Aurora, Sang Tirai Cahaya Pancawarna"

Post a Comment

Blog Archive