Fakta-fakta Menarik Tentang Hujan yang Jarang Diketahui Orang

air hujan
Hujan adalah sebuah siklus perubahan dari uap menjadi air, dan ini akan berlangsung selama berlangsungnya dunia ini entah sampai kapan, hujan juga ada bermacam-macam dari gerimis, hujan rintik-rintik, hujan sedang, hujan deras dan bahkan hujan badai. Hujan sendiri juga mengandung banyak mitos dan fakta yang menarik untuk dibahas yang jarang diketahui.

Apa saja fakta menarik tentang hujan? Mari kita bahas satu persatu:

1. Bentuk tetesannya sangat mengagumkan

Mayoritas dari kita menganggap tetesan air hujan terlihat seperti tetesan air mata; Tetesan hujan berfluktuasi dari 0,1 sampai 9 mm, dan tetesan itu cenderung putus. Tetesan air hujan yang paling kecil disebut butiran awan, dan bentuknya bulat. Tetesan air hujan besar berbentuk seperti parasut. Tetesan air hujan terbesar pernah terjadi di Bumi tepatnya di Brasil dan Kepulauan Marshall pada tahun 2004 - bahkan ada yang berukuran 10 mm.

2. Tetesannya bisa membahayakan

Kecepatan maksimum tetesan air hujan bisa berbeda dari 18 sampai 22 mil per jam. Air, sebagian besar, jatuh ke bumi dengan kecepatan rendah, Ini karena tetesan air hujan memiliki bentuk khusus yang membangun dampak gesekan atmosfer. Jika gesekan atmosfir ini tidak bekerja melawan hujan, setiap tetesan akan turun dengan kecepatan yang luar biasa dan dapat menyebabkan banyak bahaya.

3. Hujan bisa diukur

Alat pengukur hujan digunakan untuk mengukur ukuran curah hujan di zona tertentu selama periode tertentu. Mereka bisa menjadi dasar atau kompleks, dan tidak mengkuantifikasi presipitasi padat. Sebagian besar alat ukur hujan mengukur presipitasi dalam milimeter sebanding dengan liter per meter persegi. Tingkat presipitasi terkadang dilaporkan sebagai inci atau sentimeter.

4. Hujan mempunyai warna

Hujan berwarna adalah jenis hujan yang mengandung cukup debu yang terlihat tanpa menggunakan alat pembesar. Wilayah Kottayam di Kerala, mengalami curah hujan merah paling banyak dibandingkan dengan bagian dunia lainnya. Badai yang sangat dahsyat terjadi di mana hujan deras berwarna merah, sehingga pakaian yang terkena tetesannya bisa menjadi seperti terkena darah. Demikian pula, hujan kuning, hijau, dan hitam juga dilaporkan terjadi.

5. Hujan bisa mengeluarkan suara seperti musik

Ternyata hujan bisa mengeluarkan suara juga seperti musik, suara yang timbul saat hujan ini adalah suara derap tetesan air hujan yang menghantam permukaan bumi, ini dihasilkan oleh gelembung udara yang goyah di bawah air.

6.  Hujan di planet lain berbeda dengan hujan di bumi

Curah hujan terjadi di planet lain di tata surya juga; Namun, berbeda dengan hujan yang kita jumpai di bumi. Itu mungkin terbuat dari metana, neon, dan sulfuric korosif atau besi secara signifikan daripada air. Hujan di Venus terbuat dari asam Sulfat, dan di bulan Saturnus Titan, presipitasi adalah metana dan bukan air.

7. Mempunyai berat yang mengejutkan

Berat hujan non-metaforis aktual sangat mengejutkan; satu inci hujan di atas tanah, berukuran kira-kira mencapai 226.000 pound, dan setiap menit 1 miliar ton hujan turun di bumi.

8. Tidak membuat basah

Jika ada hujan di padang pasir, kemungkinan besar anda tidak akan basah. Hujan ini disebut hujan Phantom karena sulit untuk mengetahui apakah hujan turun atau tidak, karena tetesan-butiran itu memudar di bawah pengaruh udara panas.

9.  Membuat rumput tampak lebih hijau

Tetesan hujan mengandung nitrogen yang larut dan berasal dari udara. Pupuk gratis dan alami ini membuat rumput terlihat lebih hijau dan subur setelah curah hujan.

10. Hujan mempunyai bau

Sebenarnya hujan tidak berbau. Saat hujan turun, ada zat yang disebut geosmin berkonsolidasi dengan minyak tumbuhan yang dibuang dari tanah untuk memberi aroma alami dan aroma yang tetap hidup itu disebut "petrichor". Jadi seakan-akan hujan itu mempunyai bau karena proses tersebut.

11. Hujan yang terus-menerus

Tidak ada akhir hujan di Mt. Waialeale di Kauai, Hawaii, karena memiliki hingga 350 hari hujan setiap tahunnya.

12. Dijadikan nama mata uang

Ternyata ada sebuah negara mempunyai mata uang dengan terinspirasi dari hujan, negara tersebut adalah Botswana, sebuah negara di benua Afrika. Mata uang negara ini adalah "Pula" yang bermakna hujan.

13. Hujan yang tak lazim yakni hujan ikan

Di beberapa bagian bumi, hal-hal yang tidak lazim telah diketahui jatuh dari langit. Hujan berudu dan ikan kecil disamping hal lainnya. Hujan Ikan adalah normal dalam Cerita Rakyat Honduras. Perayaan yang dikenal dengan Festival Hujan Ikan dipentaskan secara konsisten di kota Yoro, karena ratusan ikan hidup ditemukan di tanah setelah hujan di sana antara bulan Mei & Juli.

Itulah 13 fakta menarik tentang hujan, semoga bisa menambah pengetahuan kita.

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta-fakta Menarik Tentang Hujan yang Jarang Diketahui Orang"

Post a Comment

Blog Archive