Hindari 10 Hal Ini Jika Anda Tak Ingin Gagal

hindari kegagalanDunia usaha semakin ketat, semua orang berusaha meningkatkan karir dan kualitas hidupnya masing-masing demi tercapainya fasilitas hidup yang layak dan sejajar dengan orang-orang tingkat menengah keatas, semua akan dilakukan demi terpenuhinya hasrat hidup yang demikian, namun kadang banyak orang yang tidak cermat dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnyapun salah dalam mengambil langkah sehingga akhirnya bukan kesuksesan yang didapat melainkan kegagalan yang sungguh menyakitkan.

Kegagalan adalah momok yang paling menakutkan bagi semua orang, namun banyak orang yang tak menyadari sebab dari kegagalan tersebut, dan tak sedikit mereka akan mencari kambing hitam untuk menyalahkan dan mencari pembenaran terhadap dirinya sendiri, sebenarnya kegagalan itu bukan disebabkan oleh orang lain namun karena kita belum bisa sadar betul dimana letak dari kegagalan tersebut, kegagalan bisa disebabkan dari beberapa faktor, dan disini kita akan mencoba membahas faktor-faktor tersebut untuk bisa kita hindari semampunya.

Inilah 10 faktor yang menyertai kegagalan yang menimpa banyak orang:

1. Berpikir Nanti Saja.
Jika dalam diri kita ada pikiran untuk melakukan sesuatu hal dengan "nanti saja" padahal sebenarnya sekarang bisa kita lakukan dengan segera itulah faktor kegagalan utama dalam suatu usaha, karena jika itu ada di pikiran kita maka nanti pun kita akan berpikir seperti itu, dan sampai kapan pun pikiran itu akan muncul terus, lalu apa yang akan terjadi? Jawabannya jelas, kita tak akan pernah melakukan itu sampai kapan pun, jadi segera buanglah pikiran tentang nanti saja. KALAU BISA SEKARANG KENAPA HARUS NANTI?

2. Menunggu Lebih Sempurna.
Banyak dari orang yang hendak melakukan suatu usaha namun menunggu semuanya sempurna dulu, seperti kemampuan, pengalaman, keahlian dll. Memang semua itu harus memenuhi standar tertentu agar kita layak dalam melakukan suatu pekerjaan, namun jika ada kekurangan sedikit tentu itu tidak menjadi masalah, yang penting kita bisa belajar dari kekurangan tersebut hingga akhirnya kemampuan kita juga akan meningkat seiring berjalannya waktu, jadi jangan sampai kita menunggu menjadi sempurna dulu sebelum terjun dalam suatu usaha apapun, yakinlah jika anda berpikir untuk lebih sempurna dulu baru akan mulai usaha, maka usaha itu tak akan pernah terwujud. KAPAN ANDA AKAN MENJADI SEMPURNA JIKA TAK PERNAH MENGALAMI KEKURANGAN ATAU PEMBELAJARAN?

3. Pesimis Akan Berhasil dan Takut Gagal.
Banyak dari orang yang pesimis akan keberhasilan yang sebenarnya bisa mereka raih, terlebih lagi akan merasa takut jika kegagalan yang menimpa sehingga akhirnya keraguan akan menghinggapi hatinya untuk total melakukan suatu usaha, jika itu yang ada dalam pikiran mereka tanpa disadari bahwa mereka sebenarnya telah gagal, karena hidup itu seperti perjudian, siapa yang berani bertaruh maka dia yang punya peluang untuk menang. TAKUT AKAN KEGAGALAN, ITULAH SEBENARNYA YANG MEMBAWA KEPADA KEGAGALAN.

4. Terlalu Percaya Diri yang Berakibat Kecerobohan.
Selain pesimis dan takut gagal, terlalu percaya diri juga akan membuat anda gagal dalam menempuh suatu usaha. Jika kita terlalu percaya diri dengan kemampuan kita bisa membuat kita ceroboh, sampai kita lupa dengan situasi dan kondisi yang sebenarnya selalu dinamis, maka sehebat apapun kemampuan yang kita miliki harus pula diimbangi dengan strategi yang jitu, dengan memiliki strategi yang jitu tentu kita akan lebih terkontrol dan tak ceroboh dalam melangkah. PERCAYA DIRI AKAN MEMBUAT LANGKAH ANDA MANTAP NAMUN STRATEGI AKAN MEMBUAT LANGKAH ANDA TEPAT DAN TERARAH.

5. Monoton.
Dalam membangun sebuah usaha kita harus punya inovasi-inovasi yang kreatif agar bisa mengimbangi kemajuan dunia saat ini, sebab orang lain juga akan melakukan hal ini. Jika kita selalu monoton menempuh suatu usaha maka sebenarnya kita telah melangkah mundur, dan jika itu berlangsung lama maka bisa dipastikan usaha anda akan tersisih. JIKA LANGKAH ANDA HARI INI SAMA DENGAN KEMARIN MAKA ANDA SEBENARNYA TELAH BERJALAN MUNDUR.

6. Cepat Putus Asa.
Jika sebelumnya anda pernah mengalami kegagalan, jadikanlah itu sebagai cambuk yang akan membuat semangat anda lebih terpacu. Kegagalan bukan akhir dari segalanya tetapi awal dari segalanya. Jadikanlah kegagalan kemarin sebagai guru yang paling berharga bukan menjadi alasan untuk berhenti berjuang, jika hari ini anda putus asa setelah mengalami kegagalan, percayalah besok lusa anda akan lebih merasa putus asa lagi. PUTUS ASA ADALAH HANTU YANG PALING MENGERIKAN JIKA KITA TAK CEPAT-CEPAT MENGUSIRNYA.

7. Mengulangi Kesalahan.
Kegagalan terjadi karena ada satu kesalahan yang menyertainya. Tugas kita hanya satu yaitu mencari tahu apa kesalahan yang terjadi saat kegagalan kemarin sehingga untuk ke depannya kesalahan itu tak pernah terulang lagi, jika kita tak mampu mendeteksi apa kesalahan yang menyebabkan kegagalan kita pasti kesalahan itu akan kembali terulang dan akibatnya kegagalan akan semakin menimpa kita tanpa henti. KESALAHAN DAN KEGAGALAN ITU SATU, MAKA PELAJARILAH KESALAHAN ITU AGAR TAK BERUJUNG KEPADA KEGAGALAN.

8. Tanpa Atau Kurang Perhitungan.
Poin ke delapan ini agak mirip dengan yang poin nomor 4, sama-sama berakibat kecerobohan, namun dalam poin ini lebih ditekankan kepada perhitungannya. Sebelum melangkah lebih jauh dalam memulai sebuah usaha kita sebaiknya membuat beberapa plan sebagai antisipasi jika plan yang pertama gagal, sehingga kita bisa langsung memulihkan keadaan dan langsung menyusul dengan plan berikutnya yang lebih baik. Perhitungan disini juga memperhitungkan untung rugi sebuah plan dan langkah antisipasinya, serta besarnya resiko yang harus ditanggung jika ada kegagalan agar tidak fatal kegagalannya. PERHITUNGAN SEKECIL APAPUN AKAN LEBIH BAIK DARIPADA SPEKULASI YANG MEMBABI BUTA.

9. Menghindari Persaingan.
Letak kesuksesan dan kegagalan sangat tergantung dengan adanya persaingan, jika kita mampu menang dalam suatu persaingan tentu hasilnya akan sangat luar biasa, dan juga sebaliknya jika kalah akan membuat semuanya bisa kacau. Dan persaingan adalah suatu keniscayaan dalam proses kehidupan, maka dari itu kita hadapi saja persaingan yang ada di depan mata kita, jangan pernah berpikir untuk menghindari persaingan karena itu malah akan membuat hancurnya sebuah usaha. Jika anda hendak memulai sebuah usaha namun anda gentar dengan ketatnya persaingan dan akhirnya anda mundur tentu itu sudah membuat anda gagal, atau anda hendak membuat produk atau jasa yang tak lazim demi menghindari persaingan, itupun hanya akan membuat usaha anda sia-sia. JADIKAN PERSAINGAN SEBAGAI CAMBUK SEMANGAT ANDA UNTUK BISA LEBIH BAIK DAN MEMENANGKANNYA.

10. Meninggalkan Doa.
Jika anda sudah bisa menghindari 9 hal di atas, maka lengkapilah dengan selalu berdoa kepada Tuhan, karena faktor doa sangat penting untuk menentukan sebuah usaha akan sukses ataupun gagal. Dan dengan doalah kita bisa semakin pasrah kepada Tuhan dan tidak melupakannya. MENINGGALKAN DOA SAMA SAJA KITA MEMBUANG NYAWA SEBUAH USAHA DALAM HAL APAPUN.

Itulah 10 tips cara menghindari kegagalan dalam sebuah usaha. Tak hanya usaha dalam hal karir dan materi namun usaha dalam hal yang lebih luas, jika anda masih pelajar tips di atas juga bisa diterapkan, juga usaha-usaha lain.

Semoga Sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hindari 10 Hal Ini Jika Anda Tak Ingin Gagal"

Post a Comment

Blog Archive