Sungguh Aneh, Beberapa Komunitas Ini Dianggap Sebagai Agama

api
Di Indonesia kita mengenal 5 agama resmi yang diakui oleh Negara. Tetapi ternyata di luar agama-agama tersebut terdapat berbagai keyakinan lainnya yang bersumber dari berbagai macam hal.

Kondisi tersebut ternyata juga terjadi di luar negeri. Nah, untuk menambah wawasan Anda, berikut ini adalah daftar keyakinan dengan ritual keagamaan yang cukup unik.

Komunitas yang mengaggap dirinya sebagai agama dengan ritual yang unik.

Beberapa komunitas yang dianggap agama berikut ini dikembangkan oleh beberapa orang, merupakan cabang atau terinspirasi dari sebuah agama besar, atau merupakan pengembangan dari keyakinan kuno.

1. Gerakan kreativitas

Gerakan kreativitas atau World Church of The Creator sebenarnya kurang cocok bila disebut sebagai agama karena merupakan komunitas separatis yang mengkhususkan diri hanya untuk orang-orang berkulit putih. Penganutnya tak mempercayai keilahian pada konsep pencipta melainkan segalanya bersumber pada diri sendiri. Dapat dikatakan komunitas ini lebih mengacu pada sifat ateistik.

Didirikan oleh Ben Klassen di tahun 1973 dengan nama resmi Church of the Creator, saat pendirinya meninggal dunia pada tahun 1993 organisasi itu juga turut tenggelam hingga 3 tahun kemudian didirikan kembali oleh Pontifex Maximum atau Imam Besar Matthew F. Halley.

Komunitas tersebut benar-benar habis saat Halley ditahan oleh FBI karena merencanakan pembunuhan seorang hakim federal.Youre Temple oc PsychickKomunitas ini didirikan di tahun 1981 oleh para anggota Psychich TV.

Ritual keyakinan mereka meliputi praktisi sihir, okultisme, serta berkonsentrasi pada aspek psikis otak manusia. Faktanya komunitas iniberkembang cukup pesat pada masanya dengan mempraktekkan apa yang dipercaya sebagai magic dengan perantara psikologi, music, seni, serta beragam media lainnya.

komunitas

2. Bangsa Yahweh

Komunitas ini berakar dari keyakinan Kristen serta Yudaisme yang meyakini Yahweh ben Yahweh sebagai anak Allah. Yahweh ben Yahweh sendiri mempunyai nama asli Hulon Mitchell, Jr yang mendirikan keyakinan ini di tahun 1979.

Pengikut Mitchell saat itu mayoritas adalah penduduk Afrika Amerika dan bahkan pada waktu itu telah disebut sebagai cabang paling controversial dari buah pikiran kelompok Yahudi Hitam Ibrani. Para pengikut keyakinan tersebut percaya bahwa orang kulit hitam adalah bangsa Yahudi sejati dan bangsa kulit putih sebagai setan. Sementara misi Mesianik mereka adalah mengalahkan orang kulit putih.

3. Gereja Seluruh Dunia

Keyakinan ini dapat dikatakan agama neo pagan  yang hidup kembali. Didirikan di tahun 1962 oleh Oberon Zell-Ravenheart dan istrinya Morning Glory Zell-Ravenheart. Agama ini ternyata terinspirasi oleh sebuah keyakinan fiksi yang diceritakan oleh sebuah novel Sci-fi berjudul Stranger in an Strange Land. Mereka memuja Dewi Bumi Gaea, Dewa Bapak, serta melakukan ritual sebagaimana pemujaan kepada dewa dewi Yunani Kuno.

Baru-baru ini komunitas tersebut bahkan membuka sekolah sihir The Grey School of Wizardry yang diilhami oleh novel Harry Potter dengan Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry.

Semoga bisa menambah wawasan Anda.

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sungguh Aneh, Beberapa Komunitas Ini Dianggap Sebagai Agama"

Post a Comment

Blog Archive