17 Fakta Menarik Seputar Permainan Catur di Dunia

catur
Anda pasti sudah mengenal tentang permainan asah otak yang dimainkan oleh dua orang ini, ya benar itu permainan catur. Mungkin untuk sebagian orang tidak menyukai permainan ini karena membutuhkan daya pikir yang cukup berat, namun sebagian lagi yang sudah hobby dengan permainan ini akan merasa keberatan untuk meninggalkannya.

Ada beberapa macam cara untuk memainkan catur yaitu pertandingan satu lawan satu, turnamen, catur online, simultan ataupun problem tiga langkah mat. Untuk yang terakhir ini masih banyak yang penasaran bagaimana cara memecahkan problem tiga langkah mat ini.

Dalam kesempatan ini kita tidak akan membahas cara permainan atau cara-cara lain, namun hanya akan membahas sisi-sisi menarik apa saja yang ada di permainan catur ini secara umum dan juga terjadi di dunia.

Inilah 17 fakta menarik mengenai permainan catur:

1. Mempunyai kemungkinan menjadi permainan terlama

Catur juga termasuk salah satu dari cabang olah raga, dalam catur bisa digunakan aturan dengan jam atau waktu, jadi bisa ditetapkan untuk dimainkan berapa menit setiap partainya, namun jika disepakati untuk tidak menggunakan waktu maka bisa menjadi permainan terlama, dan kemungkinan terlama dalam permainan catur adalah 5.949 langkah.

2. Permainan terlama dalam catur

Permainan terlama catur yang sudah terjadi adalah 269 langkah yang berakhir dengan remis.

3. Kematian Raja

Istilah checkmate atau skakmat berasal dari bahasa Arab yakni Shah Mat yang berarti kematian raja.

4. Langkah pion

Dalam pertandingan catur gaya baru seperti yang kita kenal sekarang pion bisa berjalan dua langkah untuk pertama kali, berbeda dengan catur yang diperkenalkan di Spanyol pada tahun 1280 yang hanya boleh pion berjalan satu langkah saja.

5. Juara catur dunia

Seorang pemain catur asal Jerman yang bernama Dr. Emanuel Lasker mempertahankan gelar juara terlama yakni selama 26 tahun 337 hari.

6. Papan catur pertama

Papan catur yang seperti kita kenal sekarang dibuat pertama kali di Eropa pada tahun 1090.

7. Jam catur pertama

Jam catur pertama kali yang bentuknya seperti gelas garam diperkenalkan oleh Thomas Wilson pada tahun 1883. Dan tombol pada jam catur modern diperkenalkan oleh Veenhoff pada tahun 1900.

8. Papan catur bisa dilipat

Papan catur yang bisa dilipat ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang pastur pemain catur pada tahun 1125. Karena sejak saat itu gereja melarang  para pastur untuk bermain catur, dibuat bisa dilipat agar terlihat seperti buku.

9. Rookies

Awalnya pemain catur dipanggil dengan sebutan "Rookies" yang diambil dari nama salah satu buah catur yaitu rook atau yang kita kenal dengan benteng.

10. Bisa dicatat

Satu-satunya cabang olah raga yang bisa dicatat detail dari awal sampai akhir hanya catur.

11. Komputer catur pertama

Komputer catur pertama kali diperkenalkan oleh Alan Turing pada tahun 1951, namun pada saat itu spek komputer belum canggih seperti sekarang, jadi satu langkah bisa memakan waktu beberapa menit.

12. Permainan jarak jauh

Catur bisa dimainkan oleh dua orang walupun tidak saling berhadapan, dan permainan yang paling spektakuler adalah yang dimainkan oleh orang di bumi melawan orang di luar angkasa, ini terjadi pada Juni 1970 oleh crew Soyez-9. Dan menjadi headline surat kabar pada masa itu.

13. Komputer jenius

Sebuah komputer yang bernama Deep Thought menjadi komputer catur jenius pertama karena berhasil mengalahkan maestro catur internasional pada November 1988 di Long Beach, California.

14. Kemungkinan langkah

Jumlah kemungkinan empat langkah pertama di dua sisi permainan catur adalah 318.979.564.000 langkah.

15. Permainan para raja

Catur juga disebut sebagi permainan para raja, karena dahulu kala permainan ini sering dimainkan oleh para raja.

16. Skakmat tercepat

Skakmat tercepat dalam catur pernah terjadi dalam dua langkah saja 1. g4 e5 2. f4 Qh4+ skakmat hitam menang.

17. Pemenang tiga format

Master catur yang pernah menang dalam tiga format (knockout, tournament, match) adalah Vishwanathan Anand dari India.

setelah mengetahui fakta unik tentang permainan catur ini mungkin anda semakin suka permainan asah otak ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Fakta Menarik Seputar Permainan Catur di Dunia"

Post a Comment

Blog Archive