4 Keunikan Api yang Jarang Diketahui Orang

api membakarDunia ini mempunyai beberapa unsur sebagai kehidupan, bahkan manusia sendiri juga mempunyai unsur-unsur ini di dalam dirinya. Unsur-unsir yang biasa disebut sebagai empat unsur ini meliputi air, api, angin dan tanah.

Kita tidak akan membahas empat unsur tersebut secara keseluruhan, namun saya hanya akan memilih satu saja sebagai bahasan kali ini yaitu unsur api.

Setelah diperhatikan ternyata api ini mempunyai beberapa keunikan yang jarang diperhatikan orang, mungkin sebenarnya semua orang sudah tahu akan keunikan ini namun tidak memperhatikan bahwa itu adalah sebuah keunikan.

Mari kita mulai membahas keunikan-keunikan api satu persatu

1. Selalu bergerak ke atas

Anda pasti sering melihat api bahkan mungkin tiap hari dan pasti api itu akan menjulur ke atas, tapi apakah anda pernah berpikir kenapa api ini hanya bisa bergerak ke atas, tidak ke samping ataupun ke bawah? Kebanyakan orang pasti hanya melihat sepintas lalu tentang juluran api yang selalu ke atas tanpa berpikir apapun. Disitulah uniknya api, dia hanya mau bergerak ke atas bukan ke samping atau ke bawah. Anda juga bisa mencoba dengan menyalakan satu batang korek apa lidi, cobalah anda tukikkan kepala korek api yang terbakar itu ke bawah, niscaya ujung lidah api tersebut akan tetap ke atas.

Keadaan ini sama dengan cerita yang ada dalam Al Qur'an tentang iblis yang membangkang perintah Tuhan untuk tunduk dan sujud kepada Adam, karena iblis tercipta dari api yang kodratnya tak bisa menunduk dan malah selalu bergerak ke atas. Jadi pastilah iblis yang tercipta dari api itu tidak bersedia tunduk dan sujud kepada Adam.

2. Rasa panasnya

Semua benda di dunia pasti punya rasa atau suhu tak terkecuali api, dan api punya rasa atau suhu yang khas yaitu panas, terus apa uniknya rasa panas pada api ini? Ya, rasa panas api tak akan berubah menjadi apapun, walaupun tingkat suhu pada api bisa berbeda-beda namun tetap saja namanya panas, tidak seperti air yang rasa atau suhu aslinya yaitu dingin namun bisa berubah menjadi air yang panas, udara juga begitu kadang terasa sangat dungin kadang pula terasa sangat panas. Misal anda ingin mendinginkan api dengan cara menyiramnya dengan air, apa yang terjadi? api tidak menjadi dingin tapi ia malah akan hilang atau padam.

Rasa panas api ini bisa kita analogikan ke dalam jiwa kita dengan bentuk seperti idealisme, jika idealisme kita kuat tentu tidak mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain, bahkan pada saat saat tertentu kita akan memilih menyingkir dari pada mengikuti idealisme orang lain yang menurut kita kurang tepat. Seperti api yang tidak mau dingin dan memilih untuk menghilang atau padam.

3. Tak bisa diukur

Tak bisa diukur disini bukan pada suhunya melainkan volume dan beratnya, tidak seperti benda yang lain yang dengan mudah bisa kita ukur, air saja yang berwujud cair bisa kita ukur volumenya misal satu gelas, satu botol atau bahkan satu kolam, beratnya juga bisa kita ukur berapa kilonya, bahkan udara yang berwujud gaspun bisa kita ukur volumenya, seperti kita meniup balon sampai besar, tentu di dalam balon tersebut penuh dengan udara, namun untuk api ini tak ada alat apapun yang bisa mengukur volume maupun beratnya.

4. Tak bisa berdiri sendiri

Keunikan api yang keempat adalah tak bisa berdiri sendiri, api membutuhkan benda lain sebagai sumber kehidupannya contohnya kayu ataupun kertas. Jika ada benda yang diletakkan di suatu tempat itu hanya kebetulan benda itu ada disitu namun keberadaanya tidak tergantung tempatnya tersebut, jadi benda tersebut bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya, tak seperti api yang tak bisa dipindahkan kemanapun, dan bahkan ia akan lenyap jika sumber kehidupannya sudah tak mampu menghidupkannya lagi karena ia sendiri yang menghancurkannya.

Untuk keunikan api yang keempat ini mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran bagi kita agar tidak mencontohnya, kita tak akan menjadi manusia yang berharga jika keberadaan kita bergantung kepada orang lain, apa lagi orang lain hancur karena ulah kita yang selalu bergantung padanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Keunikan Api yang Jarang Diketahui Orang"

Post a Comment

Blog Archive