Jika Soekarno Hidup di Jaman Sekarang, Niscaya akan Susah Menjadi Presiden

soekarnoSoekarno, itulah nama tokoh yang tak bisa dilupakan di negeri ini, beliau sebagai proklamator kemerdekaan RI tentu akan dikenang oleh seluruh bangsa Indonesia sebagai pahlawan yang membebaskan bangsa ini dari cengkeraman penjajah. Soekarno muncul sebagai pemimpin besar revolusi karena merasa terpanggil hati dan nuraninya melihat penderitaan bangsa Indonesia, sehingga dengan gagah berani beliau berdiri di barisan terdepan untuk membela rakyat, sikap inilah yang membuat rakyat bersatu-padu mengangkat senjata mempertahankan tanah air tercinta.

Tak bisa dipungkiri gelora perjuangan rakyat Indonesia berkobar membara karena ada sosok yang benar-benar bisa membuat rakyat yakin perjuangannya akan menghasilkan sesuatu yang besar, sehingga perjuangan itu berbuah manis pada akhirnya, Bung Karno sebagaimana Presiden pertama RI itu disebut mampu membuat rakyat bangga dengan cara berpikir pemimpinnya sehingga mereka betah duduk untuk mendengarkan pidatonya, kewibawaannya yang tercermin dari sikap dan gaya bicaranya membuat rakyat bersatu untuk meraih impian terbesar bangsa ini.


Itulah sedikit ulasan tentang Bung Karno yang dengan kecerdasannya dan keberaniannya mampu membangkitkan semangat juang kepada seluruh rakyatnya. Yang menjadi pertanyaan adalah "Jika Bung Karno hidup di jaman sekarang, muluskah langkah beliau menjadi presiden?" Jika dilihat dari segi manapun tak ada tokoh di negeri ini yang bisa menyamai kualitas Bung Karno. Sebenarnya kalau itu yang terjadi tentu Pak Karno akan mampu mengalahkan siapa saja yang menjadi lawannya di dalam pemilihan presiden.

Tapi melihat kenyataan yang ada seperti sekarang saya pesimis jika pun Bung Karno hidup di jaman sekarang akan mulus menjadi presiden. Itu dikarenakan keberadaan Bung Karno akan membuat pihak-pihak tertentu akan merasa terancam dan sulit untuk bisa menguasai negara ini, sehingga Bung Karno akan disingkirkan oleh pihak-pihak yang punya niat jahat namujn punya sumber dana yang tiada taranya. Dengan dana besar itu mereka akan membuat kamuphlase untuk mengelabuhi rakyat.

Kenapa Bung Karno mampu menjadi pemimpin besar revolusi dan akhirnya menjadi presiden di tahun 1945? Karena pada waktu itu rakyat sedang merasa menderita karena dijajah dan butuh seorang pemimpin dengan kualitas unggul agar mampu mengusir penjajah, dan itu mampu ditunjukkan oleh Soekarno bahwa dia mempunyai keunggulan tersebut sehingga membuat rakyat percaya di bawah kepemimpinannya itu akan membawa perubahan. Dengan keberhasilannya membawa Indonesia mengumandangkan proklamasi maka sudah selayaknya beliau menjadi presiden. Jadi intinya jabatan presiden itu sebagai bukti bahwa seseorang itu mampu membawa rakyatnya kepada keadaan yang lebih baik, bukan sebagai jabatan yang harus dikejar untuk mendapat pengakuan dari rakyat.

Di jaman sekarang rakyat kurang berpikir bahwa yang pantas dipilih sebagai presiden itu adalah seseorang yang benar-benar berkualitas dan mampu membawa perubahan yang lebih baik, sehingga celah ini digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk memunculkan calon presidennya, sehingga tanpa prestasi apapun akan bisa menduduki jabatan presiden asal mempunyai dana besar. Ini jelas bertentangan dengan Bung Karno yang menunjukkan prestasinya terlebih dahulu baru dipercaya untuk menjadi presiden, makanya Soekarno akan susah menjadi presiden jika hidup di jaman sekarang.

Satu lagi alasan bahwa Soekarno akan sulit menjadi presiden di saat sekarang adalah kepentingan asing, negara luar tentu akan sangat keberatan jika orang macam Bung Karno menjadi presiden RI karena mereka tahu bahwa Soekarno tak akan mau menuruti keinginan negara asing tersebut dengan lebih mengutamakan kepentingan rakyat Indonesia, sehingga negara luar akan kesulitan menguasai aset negara ini yang luar biasa berlimpah. Dan akhirnya negara luar tersebut akan membuat propaganda untuk mendiskreditkan Soekarno agar tak disukai rakyat dan akan mengintervensi DPR agar tidak mencalonkan Soekarno.

Yang menjadi kesimpulan dari artikel ini adalah Soekarno menjadi presiden dengan diawali perjuangan, dan hanya satu-satunya manusia yang mampu menjadi pemimpin atas manusia yang lain di saat manusia itu butuh pemimpin. Dan presiden di jaman sekarang berhasil menjabat presiden karena hasil propaganda dan polesan media dengan dukungan dana yang sangat besar. Dua kondisi itu memang sama-sama menjadi sebab orang mampu menjabat sebagai presiden, walaupun sama sebagai sebab orang berhasil menjadi presiden namun perbedaan kualitas takkan pernah bisa disandingkan dengan sejajar.

Akhir kata "Soekarno menjadi presiden karena rakyat butuh Soekarno sebagai pemimpin, sebaliknya presiden di jaman sekarang menjadi presiden karena anggota DPR butuh dia jadi presiden agar kepentingannya bisa tercapai".

Mutiara akan tetap berkilau walaupun tertutup oleh benda busuk, namun benda busuk yang diberi kilauan cahaya hanya akan membuat semakin jelas kebusukannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jika Soekarno Hidup di Jaman Sekarang, Niscaya akan Susah Menjadi Presiden"

Post a Comment

Blog Archive